Tips Menjadi Akuntan Sukses di Era Digital

Peran seorang akuntan tidak bisa dipisahkan dari berbagi jenis usaha. Mereka harus memiliki pengetahuan akuntansi yang memadai sehingga dapat mengakomodir kebutuhan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Profesi ini selalu memiliki permintaan yang tinggi dari berbagai jenis usaha. Bahkan banyak akuntan bersertifikat yang memiliki pengalaman yang tinggi memulai bisnis konsultan sendiri.

Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki untuk menjadi seorang akuntan yang handal:

1. Pengetahuan dan pengalaman yang memadai

Menjadi seorang akuntan pastinya harus memiliki pengetahuan yang memadai di bidang akuntansi atau bidang terkait. Selain itu seorang akuntan harus memiliki keahlian analisa dan teknis yang baik dalam sistem bisnis. Dengan demikian seorang akuntan akan bisa memberikan solusi atau masukan yang terkait dalam pengambilan keputusan yang tepat.

2. Akurat dan Teliti

Sebagai seorang akuntan tidak akan terlepas dengan angka dan uang. Untuk itu seorang akuntan harus mampu mengakurasikan dan mengakuntabelkan dengan teliti nilai uang yang digunakan dalam kegiatan bisnis. Misalnya: akuntansi hanya mengakui transaksi yang didukung dengan bukti transaksi yang valid. Nominal atau angka yang diakui harus sesuai dengan yang tercantum dalam bukti transaksi. Akurasi dan ketelitian akan memiliki nilai positif dimana akan menimbulkan kepercayaan kepada anda dari pihak lain.

3. Fokus dan Detil

Tips pangkas modal usaha saat corona

Untuk menjadi seorang akuntan merupakan kewajiban bagi kita untuk melakukan segala kegiatan dengan fokus dan detil. Tanpa pencatatan yang detil ,keakuratan data tidak akan sulit dipertanggungjawabkan.

4. Konsisten

Seorang akuntan yang baik berarti harus melakukan semua hal secara konsisten, mulai dari prosedur akuntansi, metode yang digunakan, satuan ukuran, format penyajian, dan lain sebagainya

5. Jujur

Kejujuran adalah hal terpenting dalam proses akuntansi. Kejujuran dalam akuntansi berarti seorang akuntan harus melaporkan kondisi keuangan perusahaan apa adanya dan tanpa melakukan kecurangan. Seorang akuntan juga harus jujur mengakui jika ada kesalahan atau terjadi kecurangan dalam keuangan perusahaan.

6. Pantang Menyerah

Rubic Blog - Kurangi Biaya

Profesi sebagai ini memiliki tingkat kerumitan yang membutuhkan pembelajaran untuk menguasainya yang membutuhkan kerja keras dan kegigihan yang ekstra. Selain itu, sifat akuntansi yang bersifat dinamis mengikuti perkembangan di lingkungan bisnis menuntut akuntan untuk terus belajar. Kemauan, daya juang yang tinggi dan pantang menyerah merupakan syarat mutlak untuk meraih kesuksesan.

Itulah beberapa karakter dasar yang harus dimiliki seorang akuntan yang baik dan handal. Setelah memiliki karakter tersebut, Anda dapat lebih mudah mempertanggungjawabkan laporan keuangan perusahaan. Untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan aplikasi dari Rubic Solution. Dengan Rubic  Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *